Anda mungkin penasaran tentang pengertian space hosting. Bagi Anda yang sering mencari-cari info tentang layanan hosting tentulah pernah membaca atau mendengar tentang space hosting atau biasa disebut juga disk space. Kedua istilah ini merujuk kepada satu pengertian yang sama.

Untuk mengetahui apa maksud dari dua istilah tersebut, mari kita coba melihat penjabaran yang diberikan oleh website.com mengenai pengertian space hosting berikut ini.

Disk space is the amount of data you can store on the web server. Obviously, the amount of space needed depends on the size of your website. Most websites are composed of HTML (text), images, Flash, or a combination of all.
website.com

Pengertian Space Hosting

Dari pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa :

Pengertian space hosting adalah daya tampung atau kapasitas suatu hosting untuk menyimpan berbagai jenis file yang diperlukan.

pengertian space hosting
pengertian space hosting

Jika kita melanjutkan permisalan yang telah kita buat pada artikel sebelumnya yang berjudul Apa Itu Hosting. Maka hosting kita ibaratkan sebagai suatu bangunan. Dan space hosting dapat kita ibaratkan sebagai daya tampung bangunan tersebut.

Di dunia nyata daya tampung suatu bangunan dapat diketahui dari besaran ukuran bangunan tersebut. Satuannya adalah meter kubik. Jika bangunan tersebut berukuran 10m x 10m x 20m maka volumenya menjadi 2000 M3.

Sedangkan untuk Space hosting satuannya adalah Byte. Ada yang ukurannya 500 MegaByte, ada yang 1 GigaByte dan ada juga yang berukuran puluhan GigaByte hingga lebih besar daripada itu. Besaran daya tampung tersebut akan mempengaruhi harga sewa setiap hosting.

File Yang Ditampung Dalam Space Hosting

File yang berupa teks tentu akan menggunakan space hosting yang sangat kecil. Sedangkan file berupa foto tentu akan menggunakan space hosting yang lebih besar. Apalagi jika Anda mengupload file foto langsung dari kamera profesional tanpa melakukan pengeditan terlebih dahulu.

Oleh karena itu pengetahuan tentang cara mengkompres file itu juga penting dalam pembuatan website.

Pada umumnya foto yang dihasilkan oleh kamera profesional memiliki ukuran yang sangat besar. Anda dapat bayangkan jika 1 foto berukuran 2 megabyte maka 100 photo akan berukuran 200 megabyte. Hal ini dapat membuat hosting yang Anda sewa menjadi lebih cepat penuh.

Apalagi jika kita bicara tentang file video. Satu buah file video saja, bisa mencapai ukuran ratusan bahkan ribuan megabyte. Jadi, tidak disarankan untuk mengupload file video langsung ke hosting Anda. Anda lebih baik menggunakan layanan streaming video seperti YouTube, Vimeo atau Wistia.

ilustrasi format file pada space hosting
ilustrasi format file pada space hosting

Jika Space Hosting Terlalu Kecil

Biasanya seseorang yang baru mencoba menggunakan hosting akan memilih ukuran hosting yang paling kecil yang tersedia. Hal ini tidak masalah dilakukan, asal senantiasa dicek kondisi space yang tersisa.

Namun jika suatu saat hosting Anda penuh maka ada beberapa hal yang mungkin akan terjadi.

Pertama, administrator dari layanan hosting yang Anda gunakan akan memberikan peringatan kepada Anda. Mereka mungkin saja akan meminta Anda untuk melakukan upgrade paket hosting yang Anda gunakan atau memberikan saran untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan pada hosting Anda.

Kedua, secara otomatis Anda tidak akan bisa mengupload file apapun ke dalam hosting tersebut. Lebih buruk lagi, website Anda bisa saja tidak dapat dioperasikan sama sekali.

Ketiga, jika Anda menggunakan layanan custom email seperti me@kanadakurniawan.com maka layanan tersebut tidak akan bisa digunakan karena space hosting digunakan untuk menampung email tidak cukup.

Oleh karena itu pilihlah dengan bijak layanan hosting dengan memperhatikan space yang disediakan.

Batasan Jumlah File Yang Dapat Diupload

Selain total space yang digunakan, beberapa penyedia layanan hosting juga memberikan batasan jumlah file yang dapat Anda upload. Oleh karena itu sangat penting untuk mengecek masing-masing layanan hosting tersebut, terkait batasan yang mereka gunakan untuk jumlah file yang dapat di upload.

Sebagai contoh mari kita lihat screenshot dashboard, pada penyedia layanan hosting Hostgator berikut ini

batasan jumlah file pada hosting
batasan jumlah file pada hosting

Jika Anda perhatikan pada screenshot tersebut, terdapat bagian yang menerangkan tentang limit inodes. Inodes ini merupakan struktur file yang terdapat pada sistem operasi Linux yang secara umum digunakan pada layanan hosting. Inodes ini mewakili jumlah file serta folder yang dapat Anda upload.

Jadi walaupun Anda masih memiliki sisa space pada layanan hosting tersebut, namun jika jumlah inodes Anda sudah melewati batas maka Anda juga tidak dapat melakukan upload file apapun.

Pada bahasan berikutnya kita akan mempelajari tentang bandwith dan data transfer hosting.

Ok mungkin itu dulu artikel tentang pengertian space hosting kali ini, jika ada pertanyaan silakan masukkan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *