Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketemu lagi bersama saya Kanada Kurniawan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang riset iklan kompetitor secara gratis.Selain itu kita juga akan ngomongin tentang preferensi iklan kita masing-masing, untuk mengatur iklan apa aja yang akan kita lihat di Facebook.

Oke, sebelum kita masuk lebih jauh ke dalam pembahasan, saya ingin ngobrol sebentar tentang iklan dan target market.

Iklan dan Target Market

Iklan dan target market memiliki hubungan yang sangat erat. Bagi anda yang pernah beriklan dan iklannya boncoz hehehe, tentu paham banget betapa pentingnya target iklan yang tepat.

Target iklan itu berdasarkan dari preferensi atau informasi yang terdapat dalam akun Facebook  setiap pengguna. Mulai dari data yang kita Input ke dalam profil kita seperti umur yang didapat dari tanggal lahir, gender, dan tempat tinggal.

Informasi seperti halaman yang kita sukai, atau interest yang kita masukkan juga menjadi sumber data untuk Facebook melakukan pentargetan.

Mengintip Target Market FB Ads

Teknik ngintip yang kita bahas pada kesempatan kali ini merupakan teknik ngintip yang sederhana dan GRATIS. Jadi ngintip nya nggak bisa terlalu detail. Hanya data yang terkait dengan akun Facebook yang kita miliki saja yang dapat kita lihat.

Jika yang diinginkan adalah ngintip secara detail tentu kita memerlukan tools yang lebih baik dan itu bukan gratisan.

Oke langsung saja kita mulai prakteknya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka timeline akun Facebook. Selanjutnya cari iklan yang ingin anda intip target market nya.

Untuk contoh pertama saya akan mengambil iklan yang muncul di timeline saya yaitu iklan AirBnB.  

 

 

contoh preferensi iklan fb 01b
contoh preferensi iklan fb

 

Coba perhatikan pada bagian kanan atas dari iklan tersebut. Terdapat sebuah icon yang menyerupai panah ke bawah.

Silakan klik icon tersebut dan anda akan melihat beberapa menu yang segera muncul.

 

why am i seeing this
why am i seeing this

 

Untuk mengintip target market yang disasar suatu iklan, silakan klik menu Why Am I Seeing This.

Selanjutnya akan muncul penjelasan detil tentang target market yang digunakan iklan tersebut yang terkait dengan akun pribadi anda masing-masing.

 

contoh preferensi iklan fb
contoh preferensi iklan fb

 

Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa Airbnb menyasar orang-orang yang berbahasa Inggris. Nah pertanyaannya kenapa iklan ini muncul di beranda saya sedangkan saya adalah orang Indonesia yang juga berbahasa Indonesia.

Hal ini terjadi karena pada profil Facebook, saya menyantumkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang saya pakai selain bahasa Indonesia.

Selanjutnya, pada gambar juga dapat kita ketahui bahwa iklan tersebut mempersempit target pasarnya dengan menetapkan umur target yaitu 18 tahun keatas. Hanya untuk orang yang tinggal di Indonesia.

Pada Tulisan ini  saya hanya memberikan satu contoh saja. Tapi jika anda merasa kurang jelas Anda dapat melihat video yang sudah saya sediakan. Karena dalam video tersebut ada cukup banyak contoh yang saya sertakan.

Preferensi Iklan

Selanjutnya kita akan membahas tentang preferensi iklan. Preferensi iklan merupakan tempat dimana anda dapat mengatur iklan apa saja yang dapat muncul di halaman beranda anda.

Pengaturan tidak dapat dilakukan secara langsung,  tapi dilakukan secara tidak langsung dengan mengatur Informasi apa saja yang kita sertakan ke dalam referensi iklan.

Untuk melakukannya Anda dapat mengakses link berikut

https://www.facebook.com/ads/preferences/

Dan untuk penjelasan step-by-step silakan tonton video berikut ini.

 

 

Oke sampai disini dulu artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan langsung ke dalam bisnis anda.

Saya akhiri Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *