Sebelum memulai beriklan di Facebook, kita wajib mengetahui struktur iklan Facebook itu sendiri. Setiap iklan Facebook yang nantinya akan kita buat pasti memiliki tiga bagian penting yaitu kampanye, set iklan dan iklan itu sendiri.  Pada kesempatan kali ini kita akan membahas struktur iklan Facebook tersebut satu persatu.

Yang pertama adalah kampanye. Pada struktur yang pertama ini kita diminta untuk menentukan tujuan dari penayangan suatu iklan. Ada cukup banyak tujuan beriklan yang disediakan oleh Facebook. Jika bisnis yang Anda jalankan adalah  e-commerce maka tujuan yang  mungkin paling cocok adalah konversi, pembuatan prospek serta interaksi. Jika bisnis Anda berbasis aplikasi mobile maka tujuan yang mungkin paling cocok adalah pemasangan aplikasi.

struktur kampanye iklan facebook

Jadi untuk memaksimalkan struktur iklan Facebook yang pertama ini, anda harus sudah memikirkan secara matang apa tujuan yang paling cocok untuk bisnis anda. Tapi mohon maaf untuk tulisan kali ini kita tidak membahas bagaimana tata cara memilih tujuan yang paling tepat.  karena akan sangat panjang jadi mungkin kita akan bahas pada tulisan-tulisan berikutnya.

Oke lanjut untuk struktur iklan Facebook yang kedua yaitu set iklan. Untuk struktur iklan yang saat ini sudah sangat banyak sekali tulisan yang membahas. Pada bagian ini anda diharuskan memilih jadwal penampilan iklan yang paling cocok dengan bisnis anda. Hal ini memang terlihat sederhana tapi butuh uji coba  yang tidak sedikit untuk mendapatkan hasil yang paling baik.  Selain  itu pada bagian ini anda diminta untuk menetapkan kriteria target iklan yang akan anda buat. Misalnya lokasi target yang ingin anda capai, jenis kelaminnya, usianya, ketertarikannya dan lain sebagainya. Sama seperti menentukan jadwal, menentukan target juga membutuhkan uji coba berkali-kali untuk hasil yang memuaskan.

Untuk memaksimalkan bagian ini anda harus benar-benar memahami produk anda serta target pasar yang ingin anda sasar.  jika dalam melakukan pemilihan target dilakukan tanpa perencanaan yang jelas maka tentu anda akan banyak menghabiskan dana Dalam uji coba.  oleh karena itu susunlah rencana terlebih dahulu untuk melakukan tes pada setiap target yang ingin anda sasar. Dan lakukanlah evaluasi untuk setiap kali uji coba yang anda lakukan sehingga apa yang anda lakukan menjadi efektif.

Dan terakhir adalah bagian iklan. Untuk membuat iklan yang sukses maka anda  paling tidak harus tahu kriteria gambar atau video yang baik untuk di upload.  Selain itu Anda juga harus memahami teknik penulisan judul dan teks untuk periklanan atau biasa disebut dengan copywriting.  Tapi tentu saja hal ini harus tetap diujicoba dan dievaluasi setiap saat. Dengan uji coba dan evaluasi yang dilakukan secara disiplin maka anda akan dapat menemukan pengaturan yang paling tepat untuk bisnis anda.

Oke mungkin itu dulu untuk hari ini semoga tulisan tentang struktur Kampanye iklan Facebook ini dapat bermanfaat untuk anda